Selasa, 15 Maret 2011

Manfaat Air

0 komentar
Share this history on :
80% tubuh manusia terdiri dari air, tak heran jika kita membutuhkan banyak mengkonsumsi air putih. Organ vital manusia, yaitu otak memiliki komponen air sebanyak 90%. Darah yang mengalir di seluruh tubuh mmiliki komponen air 95%.
 
Untuk menjaga kesehatan tubuh, kita harus mengkonsumsi air minimal 2 liter sehari. Untuk perokok membutuhkan asupan air yang lebih banyak lagi. Air sebanyak ini diperlukan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat sekresi, keringat, dan pernapasan. Ketika tubuh kekurangan cairan, tubuh kita akan mengambilnya dari  darah yang mengalir. Akibatnya, darah akan menjadi kental dan memberatkan kerja ginjal. Darah yang kental ini akan sulit mengalir di dalam tubuh dan bisa menyebabkan kerobekan glomerulus ginjal.

Ketika kita kurang minum, air seni akan berwarna gelap. Semakin sedikit asupan air, semakin gelap pula warna air seni. Namun, jika ginjal mengalami kebocoran, air seni akan berwarna kemerahan. Jika ginjal sudah rusak atau fungsinya berkurang, penderita diharuskan untuk menjalani cuci darah.

Selain darah, air juga sangat dibutuhkan oleh otak. Otak membutuhkan asupan makanan, oksigen, dan air yang dibawa darah. Sehingga ketika darah kekurangan air, lama kelamaan sel-sel otak bisa cepat mati. Hal ini bisa menyebabkan stroke.

Jadi, jangan lupa untuk minum minimal 8 gelas air sehari.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Baik dan Apabila Anda Tidak Memiliki Akun Google Silahkan Pilih Setting Anonymous dan Silakan Berkomentar Terima Kasih