Minggu, 08 Januari 2012

[Survey LSI] TNI dan Polri Dipersepsi Lebih Bersih Dibanding KPK dan MK

0 komentar
Share this history on :
Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Survey LSI: TNI dan Polri Dipersepsi Lebih Bersih Dibanding KPK dan MK

Jakarta - Program reformasi di tubuh TNI yang berlangsung beberapa tahun terakhir, terus menunjukkan hasil menggembirakan. Warga masyarakat memandang lembaga militer tersebut jauh lebih bersih dari aksi korupsi, bahkan bila dibanding dengan KPK dan MK sekalipun terlebih DPR.

Setidaknya demikian salah satu temuan hasil survey terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang mencatatkan persepsi masyarakat terhadap 'kebersihan' TNI sebesar 57,2 persen. Meski sebenarnya tinggi benar, namun masih jauh di atas KPK yang 38,5 persen, MK yang 37,7 persen dan DPR yang 31,1 persen.

"Hanya pada TNI, rakyat pada umumnya masih percaya bahwa lembaga ini bersih dari korupsi. Bahkan MK dan KPK yang selama ini dinilai bersih, juga dipersepsikan tidak bersih oleh rakyat pada umumnya," ujar Direktur Eksekutif LSI, Dodi Ambardi.

Di dalam presentasi hasil survey di Kantor LSI, Jl Lembang Terusan, Menteng, Jakpus, Minggu (8/1/2012), disebutkan bahwa partai politik dan DPR dipersepsikan paling tidak bersih dari korupsi dibanding sesama lembaga lainnya. Yaitu 31,1 persen untuk DPR dan 30,2 persen untuk partai politik.

Sementara kepercayaan masyarakat mengenai korupsi terhadap lembaga kepresidenan tercatat 51 persen. Disusul oleh Polri (39,3%), Bank Indonesia (38,2%), Mahkamah Agung (34,9%), Badan Pemeriksa Keuangan (33,8%) dan Kejaksaan Agung (33,2%).

Mengenai banyaknya responden yang mempersepsikan Polri lebih bersih ketimbang KPK bersih, Dodi mengingatkan agar tidak lupa memperhatikan margin of error yang sebesar +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Banyaknya responden yang memilih Polri dan KPK bersih hanya berselisih 0,8 % atau masih dalam cakupan error.

Dodi juga mengingatkan yang dilakukan pihaknya adalah bukan keadaan riil, namun persepsi publik. Pemberitaan media, katanya, juga sangat mempengaruhi persepsi masyarat yang dicacat oleh survey yang dilaksanakan pada 8-17 Desember 2011 dengan 1220 sample responden usia pemilih, yang dipilih secara multistage random sampling.
Kepada setiap responden diajukan pertanyaan 'sejauh ini, menurut penilaian Ibu/Bapak seberapa bersih atau tidak bersihkah lembaga-lembaga berikut dari Korupsi?'. Lembaga yang ditanyakan kepada responden adalah TNI, Kepresidenan, Polri, KPK, BI, MA, MK, BPK, Kejagung, DPR dan partai politik.

Hasil survey menunjukkan sebanyak 57,2 persen dari 1220 responden yang menyatakan TNI bersih dari korupsi. Peneliti LSI, Burhanuddin Muhtadi, mengungkapkan survei didanai oleh Yayasan Pengembangan Demokrasi Indonesia, yang selama ini menaungi lembaga riset tersebut.
-----------------------
Ah......Yang bener???..........TNI dan POLRI bersih?....:malu:

Mr.Paidin 08 Jan, 2012

Mr. X 08 Jan, 2012


-
Source: http://ideguenews.blogspot.com/2012/01/survey-lsi-tni-dan-polri-dipersepsi.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Baik dan Apabila Anda Tidak Memiliki Akun Google Silahkan Pilih Setting Anonymous dan Silakan Berkomentar Terima Kasih