Minggu, 08 Januari 2012

Tingkat Kepercayaan Masyarakat Turun Drastis

0 komentar
Share this history on :
Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Tingkat Kepercayaan Masyarakat Turun Drastis


Quote:

[imagetag]


Quote:

Penilaian masyarakat terhadap pemberantasan korupsi menurun drastis. Kondisi ini bahkan jauh lebih buruk jika dibandingkan pada masa awal pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sejak periode I (2004-2009).

Penilaian tersebut disampaikan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI), di kantor LSI, Jakarta, Minggu (8/1/2012). Pada periode Desember 2005 hingga 2007, persepsi kepercayaan masyarakat masih stabil yaitu 23 persen, 24 persen dan 20 persen. Bahkan, pada Desember 2008 mencapai 32 persen.

Direktur Eksekutif LSI Dodi Ambardi, memaparkan bahwa pada Desember 2009, tingkat kepercayaan mulai turun drastis yaitu hanya 5 persen. Pada Desember 2010 turun menjadi 2 persen dan bahkan pada Desember 2011 jauh menurun mencapai angka -7 persen (minus tujuh persen) atau masuk kategori buruk.

"Baru pada Desember 2011 lebih banyak rakyat yang menilai kondisi penegakan hukum secara umum 'buruk' dibandingkan yang menilai 'baik'. Pada tahun-tahun sebelumnya penilaian seperti ini tidak pernah terjadi," ujar Dodi.

Menurut dia, hal ini membuktikan bahwa banyaknya kasus-kasus korupsi yang terjadi belakangan ini.
"Sebab utama dari penurunan persepsi positif ini adalah skandal dan kontroversi masalah korupsi, terutama talangan bank Century dan skandal Nazaruddin dan Nunun Nurbaetie," jelasnya.

Selain itu, faktor yang tidak kalah pentingnya adalah peran isu yang terus menguat. DPR, lanjutnya, memiliki peran dalam menanamkan persepsi masyarakat ini. "DPR khususnya penggagas Pansus Century nampaknya cukup berhasil menggoreng isu tersebut hinga menciptakan penilaian makin negatif terhadap kondisi penegakan hukum," terangnya.

Dia memaparkan, penilaian masyarakat terhadap kinerja pemerintah pada Desember 2008 mencapai 77 persen atau baik. Namun, memasuki Desember 2011 di bawah 50 persen yaitu hanya 44 persen. Sementara pada 2009 mencapai 59 persen dan 2010 mencapai 52 persen.

Tidak hanya itu, bahkan untuk tingkat pendidikan pun memiliki penilaian yang sama. Penilaian oleh koresponden pada tingkat pendidikan SD hanya 45 persen, SLTP 48 persen, SLTA 39 persen dan Kuliah 42 persen. "Faktor pendidikan tidak lagi menjadi pembeda, merata persepsinya bahwa kinerja pemerintah dalam memberantas korupsi tidak bagus," jelasnya.


Quote:

SUMBER

gebergeber 08 Jan, 2012

Admin 08 Jan, 2012


-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/01/tingkat-kepercayaan-masyarakat-turun.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Baik dan Apabila Anda Tidak Memiliki Akun Google Silahkan Pilih Setting Anonymous dan Silakan Berkomentar Terima Kasih